Microsoft, Windows 8 dan Dominasi Itu...



DUNIA komputer mengalami perkembangan pesat, terutama selang 30 tahun terakhir. Perkembangan komputer berjalan seiring pesatnya perubahan teknologi, yang memunculkan tren baru sesuai perkembangan jaman.

Selain teknologi layar sentuh, tren terbaru di dunia komputer dan internet dewasa ini adalah visual media, social networks dan cloud. Tiga aspek ini yang mewarnai dan menjadi ciri khas lalu-lintas di dunia maya.

Sebagai salah satu pemain di bidang komputer dan internet, Microsoft menyadari pentingnya visual media, jejaring sosial serta cloud. Tak mengherankan jika ketiga unsur ini cukup menonjol dalam Windows 8, sistim operasi terbaru keluaran Microsoft.

Dibanding para pendahulunya, Windows 8 memiliki tampilan yang lebih dinamis, cantik,  juga lebih cepat dan efisien. Windows 8 memiliki ‘start screen’ berupa kotak-kotak kecil yang bisa menghubungkan penggunanya dengan orang lain, apps, folder, foto atau website. Windows 8 yang diluncurkan akhir 2012 lalu kini sudah digunakan lebih dari 100 juta konsumen di seluruh dunia, baik yang melakukan upgrade maupun yang membeli melalui tablet atau PC. Pada enam bulan terakhir, lebih dari 250 juta aplikasi diunduh pada Windows Store. Jumlah aplikasi pada Windows Store juga meningkat enam kali lipat..

Diluncurkannya Windows 8 menegaskan dominasi Microsoft pada pasar operating-system PC dunia. Apalagi, pasar PC yang kini semakin mobile, masih terus bertumbuh dan berkembang. Menurut StatCounter yang dikutip slashdot, hingga April 2013 pengguna Windows 7 sebanyak 52.61 persen  pada pasar operating-system global; disusul Windows XP, yang masih digunakan sekitar 23.38 persen. Hingga April 2013, menurut Net Applications, Windows 8 sudah digunakan 3,84 persen sementara Windows Vista 4,75 persen. Secara keseluruhan Microsoft Windows dipakai 91,78 persen pengguna operating-system di seluruh dunia. Pesaing utama Microsoft, yakni Mac OS X, hanya memegang pasar sebesar 7.29 persen.

Nilai jual

Sejak diumumkan pengembangannya pada tahun 1983 dan diluncurkan secara resmi pertama kali tahun 1985, Windows telah menjadi bagian dari apa yang kemudian dikenal sebagai dunia komputer. Windows sendiri awalnya akan disebut dengan istilah “Interface Manager”. Belakangan tim pemasaran Microsoft memilih nama “Windows” yang diyakini lebih punya nilai jual untuk konsumen.

Windows version 1.0

Windows version 1.0 yang dirilis 20 November 1985 kemudian disusul serangkaian produk lainnya, yang secara kualitas lebih bagus dan lebih lengkap. Salah satu yang akan dikenang dunia adalah Windows 95. Sistim operasi inilah yang pertama kali menghubungkan komputer dengan internet. Pada Windows 95, Microsoft menyediakan built-in Internet, jaringan dial-up dan layanan plug and play.

Pada Windows 95 juga untuk pertama kali diperkenalkan musik khas yang muncul ketika memasuki Windows (atau beberapa saat setelah komputer dinyalakan). Musik yang hanya beberapa nada dan digarap musisi Brian Eno itu hingga kini masih bisa terdengar setiap kali Windows dinyalakan, dan dikenal dengan istilah “The Microsoft Sound.”

Windows 95

Fasilitas pada Windows 95 yang juga akan selalu dikenang (sekalipun kini sudah musnah) adalah 3.5-inch floppy disk, tempat menyisipkan disket yang kemudian menjadi fenomena global.

Setelah Windows 95, sepak terjang Microsoft tak terbendung. Versi selanjutnya seperti Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 laris manis dan menjadi pilihan wajib bagi pengguna komputer.

Windows Corner

Sama halnya dengana versi sebelumnya, Windows 8 juga diperkirakan akan menjadi fenomena. Namun Microsoft sebagai produsen tak ingin berpangku tangan dan menanti datangnya pelanggan. Microsoft memilih bersikap proaktif, dengan antara lain membuka peluang bagi masyarakat untuk mengenal Windows 8.

Windows Corner

Salah satu yang dilakukan adalah membuka Windows Corner di 11 GraPARI Telkomsel dan 13 Erafone Stores seluruh Indonesia. Di Windows Corner, masyarakat bisa menjajal secara langsung kecanggihan Windows 8 pada tablet dan smartphone. Sejumlah merek terkemuka yang tabletnya mengusung Windows 8 dan produknya bisa dijumpai di Windows 8 antara lain Samsung, Asus dan Acer. Sementara brand smartphone antara lain HTC, Samsung dan Nokia.

Kehadiran Windows 8 pada Windows Corner semakin menegaskan kiprah Microsoft, yang selang puluhan tahun terakhir telah ikut mengubah wajah dunia.

Jika Microsoft tak pernah menciptakan Windows, wajah dan sejarah dunia akan berbeda. Sangat berbeda!! (dirangkum dari berbagai sumber)

No comments:

.
.
Powered by Blogger.