6 Hal yang Harus Dihentikan Jika Anda Ingin Sukses



PERBEDAAN antara Anda dengan mereka yang sukses sebenarnya tidak sebesar yang Anda kira. Ada beberapa pilihan kecil yang bisa Anda lakukan setiap hari yang bisa membawa ke pintu gerbang kesuksesan.

Berikut enam hal yang sebaiknya Anda hentikan jika ingin sukses.

1. Berharap akan sukses dalam semalam
Tidak ada jalan pintas menuju sukses. Jika ingin sukses, Anda harus bekerja keras dan punya dedikasi yang tinggi untuk mencapai tujuan.

Apapun yang Anda inginkan, menjadi pengacara, guru, pemilik toko, pendiri perusahaan, apapun itu, untuk mewujudkannya Anda harus bekerja keras. Akan banyak hal yang akan dihadapi. Jalan yang ditempuh bisa sangat terjal dan berliku.


Kesuksesan bisa terwujud. Namun itu tak akan pernah tercapai dalam semalam. Atau dua malam.

2. Fokus pada kesalahan
Semua orang pasti melakukan kesalahan. Semua orang yang sukses di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Beberapa di antaranya bahkan melakukan kesalahan lebih dari sekali.

Namun, mereka yang sukses tidak terpaku pada kesalahan. Mereka akan menjadikan kesalahan itu sebagai pembelajaran untuk lebih baik di masa depan.

Jika Anda pernah melakukan kesalahan, jangan terpaku pada hal itu. Jangan terpaku pada apa yang telah terjadi di masa lalu. Jika pernah melakukan kesalahan, analisa kenapa itu terjadi, ambil hikmahnya dan berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan serupa di masa depan.

3. Pura-pura mendengar arahan atasan
Arahan atasan kerap menyebalkan. Dan membosankan. Karena itu banyak orang yang pura-pura mendengar, pura-pura mengangguk-angguk, padahal di saat yang sama pikirannya melayang-layang mengingat pertandingan sepakbola semalam, film yang ditonton atau wajah kekasih.

Dalam banyak hal, arahan atasan, atau pihak yang secara struktur posisinya berada di atas, sangat penting. Orang yang sukses akan menyimak dengan penuh perhatian apa yang disampaikan atasan, dan kemudian memikirkan langkah penanganan yang efektif.

Jika menjadi pendengar yang aktif, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan lebih dari yang dibayangkan.

4. Mengisi jadwal hingga penuh
Ada anggapan keliru bahwa mereka yang sukses itu harus sibuk. Dan kesibukan ditandai dengan penuhnya jadwal harian.

Padahal, ada hal lain yang tetap perlu dilakukan. Anda perlu waktu untuk berpikir dan merenung. Anda perlu waktu untuk makan. Juga berolahraga. Dan bercengkerama dengan keluarga.

Tak ada artinya Anda sukses dalam karir jika ternyata jatuh sakit. Atau keluarga terlantar dan akhirnya hancur.

5. Selalu membuat alasan
Banyak orang yang enggan mengakui kesalahan. Jika terjadi sesuatu yang tak sesuai rencana, umumnya mereka akan mencari kambing hitam, menciptakan berbagai alasan, baik  yang masuk akal atau tidak.

Orang yang sukses akan mengambil tanggungjawab atas setiap kesalahan. Jika terlambat ke kantor, misalnya, mereka akan mengaku terus terang bahwa mereka terlambat bangun karena tidur larut, dan bukan karena ada kecelakaan di tol yanag membuat jalan macet.

Jika mereka gagal atas sesuatu, secara terbuka mereka mengumumkan ke pihak terkait, seperti rekan kerja, dan meminta masukan apa yang seharusnya dilakukan supaya di lain waktu tidak akan gagal lagi.
Orang yang sukses akan secara aktif bertanya, "Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat hal ini menjadi lebih baik?" atau, "Apa yang seharusnya dilakukan supaya saya menjadi lebih baik?"

6. Takut gagal
Orang yang sukses akan menerima kegagalan sebagai langkah menuju sukses. Jika Anda baru mempelajari sesuatu, misalnya sepeda, apakah Anda akan menyerah jika terjatuh untuk pertama kali? Tentu tidak. Anda pasti akan bangun, dan mencoba lagi dan lagi hingga akhirnya bisa.

Begitu juga dalam hidup. Jika Anda gagal diterima di perusahaan yang diincar, jangan putus asa. Buka iklan lowongan kerja di koran dan melamar ke perusahaan lain.

Peluang memiliki banyak pintu. Anda hanya perlu mengetuk hingga pintu yang tepat terbuka. []

No comments:

.
.
Powered by Blogger.