Ant Man, Film Superhero Marvel Terakhir di Phase 2



SETELAH Avengers: Age of Ultron, tak lama lagi penggemar film genre superhero akan menyaksikan Ant Man. Film Ant Man, menandai berakhirnya apa yang disebut sebagai Phase 2 dalam Marvel Cinematic Universe.
Marvel memang membagi penayangan film-film superhero-nya dalam beberapa phase, dimulai dari Phase 1, kemudian Phase 2, Phase 3 dan seterusnya.

PHASE ONE

Phase 1 merupakan fase perkenalan, yakni memperkenalkan karakter superhero milik Marvel ke khalayak. Awalnya banyak yang pesimis karena superhero milik Marvel rata-rata termasuk dalam "kategori B", yakni superhero kelas 2 yang di komiknya sendiri tidak terlalu populer. Di dunia komik Marvel, superhero "kategori A" adalah Spider-Man dan para mutan di X-Men, juga Fantastic Four.
Apa saja film yang dikelompokkan dalam Phase 1?

Iron Man (2008)


Iron Man (marvel.com)

Film Iron Man berkisah tentang sepak terjang Tony Stark, milyuner yang menciptakan baju besi ketika ditangkap kelompok teroris. Film ini disutradarai Jon Favreau dan dibintangi Robert Downey Jr. (RDJ) sebagai Tony Stark/Iron Man. Sebelum mengcasting RDJ, pihak Marvel sempat mempertimbangkan nama Tom Cruise untuk berperan sebagai si Manusia Besi.
Di akhir film, pada post-credits scene, Marvel membuat kejutan dengan menampilkan Samuel L. Jackson yang berperan sebagai Nick Fury. Perisai milik Captain America juga nampak di latar adegan. Saat itu, dasar-dasar dari Marvel Cinematic Universe (MCU) sudah mulai dibentuk. Munculnya adegan saat post-credits scene (ketika nama-nama pemeran ditayangkan) kemudian menjadi semacam ciri khas dari setiap film supehero milik Marvel.
Secara umum, Iron Man cukup bagus, dan menurut Box Office Mojo, berhasil meraup $585,174,222 di seluruh dunia

The Incredible Hulk (2008)


Poster film Hulk (mavel.com)
Dua bulan sesudah Iron Man, Marvel Studio menayangkan The Incredible Hulk, yang berkisah tentang ilmuwan bernama Dr Bruce Banner yang terpapar radiasi sinar gamma, dan kemudian berubah menjadi raksasa berwarna hijau bernama Hulk, jika sedang marah.
Film ini disutradarai Louis Leterrier, dengan Edward Norton sebagai Bruce Banner. Di akhir film, Robert Downey Jr muncul sebagai cameo. Pada versi DVD yang dirilis beberapa saat kemudian, ada adegan yang memperlihatkan Captain America yang dibekukan.
Film ini meraup $263,427,551 untuk peredaran di seluruh dunia.

Iron Man 2 (2010)


Iron Man 2 (marvel.com)
Kesuksesan Iron Man membuat Marvel bersemangat dan membuat Iron Man 2 yang beredar 2010. Jon Favreau kembali menjadi sutradara. Film ini menampilkan James Rhodes, rekan Stark yang juga mengenakan baju besi dan berjuluk Iron Patriot. Film ini juga menampilkan Black Widow yang diperankan Scarlett Johansson.
Di ending film, diperlihatkan bagaimana agen SHIELD menemukan martil milik... Thor.
Iron Man 2 ini cukup sukses dan meraup $623,933,331 di seluruh dunia.

Thor (2011)


Thor (marvel.com)
Mengisahkan sepak terjang Thor (Chris Hemsworth), putera mahkota Asgard yang dibuang ke bumi untuk membuktikan apakah dia layak memegang martil Mjolnir atau tidak. Disutradarai Kenneth Branagh, film ini menampilkan Tom Hiddleston sebagai Loki, saudara Thor yang jadi penjahat.
Film ini menampilkan bintang tamu Clark Gregg sebagai agen SHIELD Phil Coulson. Sebelumnya, Gregg juga tampil sekilas di  Iron Man dan Iron Man 2. Aktor Jeremy Renner  juga tampil sekilas sebagai Hawkeye. Film Thor berhasil meraup $449,326,618 di seluruh dunia.

Captain America: The First Avenger (2011)


Captain America (marvel.com)

Mengambil setting tahun 1942, berkisah tentang sepak terjang Steve Rogers (Chris Evans) yang diberi serum ajaib dan menjadi manusia super bernama Captain America. Cap dan timnya berperang melawan divisi Nazi bernama Hydra yang dipimpin Red Skull.
Cap akhirnya mengalami kecelakaan dan tubuhnya membeku selama puluhan tahun. Film berakhir dengan adegan Steve Rogers bangun di era modern dan bertemu dengan Nick Fury. Film ini meraup $370,569,774 di seluruh dunia.

Marvel's The Avengers (2012)


The Avengers (marvel.com)
Disutradarai Joss Whedon, berkisah tentang kelompok superhero yang disebut The Avengers. Semua superhero yang tampil solo, yakni Iron Man, Thor dan Captain Amrica tampil di film ini, juga Black Widow dan Hawkeye. Hulk atawa Bruce Banner juga tampil dengan pemeran  Mark Ruffalo yang menggantikan Edward Norton.
Film ini laris manis dengan pendapatan di seluruh dunia mencapai $1,518,594,910. Ini film superhero Marvel pertama yang berhasil menembus angka 1 milyar dolar.
   
PHASE TWO

Iron Man 3 (2013)


Iron Man 3 (marvel.com)
Tony Stark menghadapi ancaman teroris yang dipimpin Mandarin. Rumahnya dihancurkan dan Tony terpaksa 'mengembara'. Sekalipun sangat sukses (dengan pendapatan $1,215,439,994) banyak penggemar film Marvel yang menilai Iron Man 3 ini sangat buruk. Terutama karena karakter Mandarin, yang dalam komik merupakan penjahat yang menakutkan, dalam film ini menjadi lelucon.
D akhir film, Dr. Bruce Banner muncul sebagai cameo.

Thor: The Dark World (2013)


Thor The dark World (marvel.com)

Thor dan kekasihnya Janes Foster, juga Loki, bahu-membahu melawan Malekith dan pasukan Dark Elves yang bermaksud menghancurkan alam semesta. Film ini meraup $644,783,140 ketika diedarkan di seluruh dunia.

Captain America: The Winter Soldier (2014)


Captain America: The Winter Soldier


Steve Rogers, bekerjasama dengan Natasha Romanoff/Black Widow dan Sam Wilson/Falcon  melawan pembunuh misterius bernama Winter Soldier (Sebastian Stan). Film ini menandai tonggak penting dalam MCU karena berkisah tentang hancurnya SHIELD.
Selain The Avengers, seri kedua film Captain America ini disebut-sebut sebagai yang terbaik dari sejumlah film superhero karya Marvel. Film ini meraup pendapatan $714,766,572 di seluruh dunia.

Guardians of the Galaxy (2014)


Guardian of the Galaxy (marvel.com)
Film yang disutradarai James Gunn ini mengambil setting yanag berbeda dengan film Marvel sebelumnya, yakni angkasa luar. Berkisah tentang sepak terjang Peter Quill/Star-Lord (Chris Pratt) dari bumi yang terpaksa bersekutu dengan Gamora, Rocket, Drax the Destroyer dan Groot melawan penjahat terkejam di jagat raya, Ronan. Film ini meraup $774,176,600.    

Avengers: Age of Ultron (2015)


Avengers Age of Ultron (marvel.com)

Film superhero Marvel pertama di tahun 2015 dan sekaligus paling ditunggu. Iron Man, Captain America, Thor, the Hulk, Black Widow, dan Hawkeye bekerjasama melawan Ultron, robot hasil rekayasa yang bermaksud menghancurkan dunia. Film ini juga menampilkan kembar Pietro (Quicksilver) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch), serta Vision.
Film ini cukup menarik sekalipun tidak sebagus versi pertama. Yang banyak dikritik dari film ini adalah munculnya humor di berbagai kesempatan yang membuat film ini kehilangan unsur ketegangan. Tewasnya Quicksilver juga membuat banyak orang bertanya-tanya karena tidak logis.
Film ini meraup laba $1,371,574,193 dan kini menempati peringkat ketiga film terlaris di tahun 2015 sesudah Jurassic World dan Furious 7.

Ant-Man (2015)


Poster Ant Man (marvel.com)


Berkisah tentang pencuri bernama Scott Lang (Paul Rudd) yang mengenakan pakaian berteknologi tinggi yang memungkinkan tubuhnya berubah kecil, seukuran semut.
Seperti film Marvel lain, Ant Man juga dipastikan akan meghibur, dengan kombinasi aksi dan humor. Film ini juga menampilkan sisi humanis, karena tokoh utama. Lang digambarkan memiliki putri. Selain Hawkeye, Ant Man satu-satunya karakter superhero di Marvel yang digambarkan punya anak.

PHASE THREE

Marvel telah merencakan untuk meluncurkan sejumlah film yang dimasukkan dalam Phase 3. Berikut sejumlah film yang disiapkan:

Captain America: Civil War (2016)


Captain America Civil War (marvel.com)

Doctor Strange (2016)


Doctor Strange

Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)


Guardians of the Galaxy Vol. 2 (marvel.com)

Untitled Spider-Man film (2017)


Spider-Man (marvel.com)

Thor: Ragnarok (2017)

Avengers: Infinity War – Part 1 (2018)

Black Panther (2018)



Captain Marvel (2018)




Avengers: Infinity War – Part 2 (2019)



Inhumans (2019)

No comments:

.
.
Powered by Blogger.