Jika ingin ngeblog, apa tujuan Anda?


OKE, Anda memutuskan menjadi blogger. Anda ingin membuat blog. Anda ingin menjadi bagian dari komunitas blogger yang beranggota jutaan di dunia maya.
Namun sebelum memutuskan membuat sebuah blog, ada baiknya jika Anda menetapkan apa sebenarnya tujuan Anda membuat blog.
Kenapa tujuan itu penting?
Seperti sudah disinggung di bab sebelumnya, membuat (dan merawat) blog itu butuh waktu khusus. Butuh komitmen dan disiplin diri. Anda harus meluangkan waktu yang sangat berharga untuk beraktivitas di blog. Jika Anda ngeblog tanpa tujuan, itu percuma. Itu membuang waktu. Anda akan seperti seseorang penumpang taksi yang kebingungan dan tak tahu harus ke mana.
Dengan mengetahui tujuan, itu akan memudahkan Anda untuk membuat perencanaan. Memudahkan untuk membuat beragam strategi yang bisa diimplementasikan dalam aktivitas ngeblog.
Guna memudahkan Anda menetapkan apa tujuan ngeblog, berikut beberapa hal yang menjadi tujuan atau alasan seseorang membuat blog

1 Mencari uang

Mencari uang dari blog? Benar. Anda tidak salah baca. Kini blog juga bisa dijadikan wahana mendapatkanuang. Bukan hanya rupiah. Tapi juga dolar. Dewasa ini sudah cukup banyak blogger yang berhenti dari pekerjaan rutin kantoran dan memutuskan untuk menekuni aktivitas ngeblog secara profesional. Di sejumlah negara, blogger telah menjadi profesi, sama halnya dengan beragam tipe pekerjaan lain seperti dokter, ahli hukum atau dosen.
Seberapa besar uang yang bisa didapatkan dari blog? Angkanya berkisar pada jutaan hingga milyaran rupiah. Blog seperti techcrunch.com, misalnya, setiap bulannya mendapatkan pemasukan dari iklan yang nilainya mencapai lebih dari 2 milyar rupiah!!
Jadi, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan ekstra, blog bisa menjadi alternatif. (Detil lebih rinci bagaimana mendapatkan uang dari blog akan dipaparkan di bab khusus).
Internet, terutama blog kini menjadi wahana untuk mendapatkan atau mempelajari pengetahuan atau ketrampilan tertentu. Jadi jika Anda kebetulan punya pemahaman atau pengetahuan yang dianggap penting untuk diketahui orang banyak, Anda bisa membaginya di blog.
Paparan bisa ditulis dalam bentuk ‘tip’ atau kiat-kiat khusus, dan bisa juga berupa turorial yang disajikan tahap demi tahap.
Jika secara berkala Anda menyajikan tips atau tutorial dengan tema spesifik tertentu, lama kelamaan pembaca akan mengenali dan tahu bahwa Anda kompeten untuk bidang itu.

3 Berbagi opini

Anda punya opini tentang situasi sosial kemasyarakatan di sekitar? Anda punya uneg-uneg seputar pemberantasan korupsi? Anda punya pendapat soal kondisi politik Tanah Air? Anda bisa menuliskan opini itu di blog.
Tulisan opini biasanya disukai pembaca yang juga punya kepedulian pada topik yang sama. Umumnya tulisan tentang politik dan sosial kemasyarakatan disertai dengan diskusi melalui fasilitas komentar.

4 Perluas jaringan

Jika Anda pebisnis, atau ingin menjadi pebisnis, maka blog bisa dijadikan media untuk memperluas jaringan. Ada banyak komunitas ngeblog yang dapat dijadikan pintu masuk. Anda juga bisa menjalin hubungan pertemanan dengan pemilik blog yang temanya sesuai dengan bisnis yang digeluti.

5 Branding

Blog sangat efektif untuk branding, baik perusahaan atau pribadi. Informasi yang disampaikan melalui blog bisa memperkuat posisi branding Anda di mata para pembaca atau relasi.

6 Perdalam hobi

Jika Anda memiliki hobi tertentu, maka blog merupakan sarana yang tepat untuk mengembangkan kegemaran itu. Jika Anda senang menulis puisi, misalnya, blog bisa menjadi media untuk menggores kata-kata indah.
Jika Anda senang memasak, blog bisa digunakan sebagai media resep masakan online. Selain untuk koleksi pribadi, resep yang disajikan di blog juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama untuk mereka yang juga senang memasak.

7 Bersenang-senang
Blog juga bisa dijadikan sarana untuk bersenang-senang. Anda bersenang-senang dengan ngeblog. Anda membaca tulisan atau blog yang disenangi, dan menulis topik atau tema yang disukai.
Ngeblog dengan bersenang-senang bisa dijadikan media menyalurkan kegelisahan, menyalurkana emosi yang tersumbat. []

No comments:

.
.
Powered by Blogger.