Feisbuk oh Feisbukkk.....



AKU tersenyum geli membaca karikatur Kompas edisi Minggu 1 Februari, yang berkisah tentang Benny & Mice. Karikatur itu bercerita tentang bagaimana mereka mereka membeli laptop. kemudian ada percakapan: "Gue udah selesai mendaftar nih" oleh Benny dan dibalas Mice: "Gue juga udah". Gambar berikutnya terlihat Benny & Mice baku tos, sambil Mice berkata: "Yesss!! Akhirnya kita bisa kenalan", yang dijawab Benny dengan "Akhirnya kita bisa berteman". Gambar terakhir memperlihatkan dua laptop bertuliskan facebook, dan ada komentar: "Kita bisa tuker-tukeran foto dong?" dan "kita chatting yukk.."

Aku tersenyum karena dua hal. Pertama, karikatur itu lucu, karena dua orang sahabat yang setiap hari bersama, memutuskan untuk 'berkenalan' dan 'menjadi teman' di dunia maya, dalam hal ini facebook (FB). Kedua, aku merasa lucu, karena belum lama ini aku melakukan persis yang digambarkan karikatur itu.


Ketika pertama kali mendaftar di FB, karena bingung mencari teman, aku 'nekat' meng-invite dua teman sekantor di L, yakni Meilyn dan Yustinus. Padahal, walau berada di ruangan berbeda, kami setiap hari bertemu. (Dan untunglah, ajakanku untuk menjadi sahabat diterima dengan positif. Kalu nyanda, awass ngoni... he..he).

Ketika petang hari aku ke kantor M, beberapa teman langsung tahu kalau aku sudah mendaftar di FB. Aku kemudian di-invite oleh Caesar dan Slank. Aku lalu meng-add Adnan. ketika peristiwa ini berlangsung, kami berada di ruangan yang sama. Aku dan Adnan bahkan hanya terpisah satu meja.

Dan...

Beberapa teman di K, yang satu grup dengan kami di M, ternyata juga member FB. Kami pun saling bakugara, layaknya teman lama yang sudah sekian tahun tak jumpa, padahal kami hanya dibedakan satu lantai.

Untunglah, teman yang meng-invite tak hanya mereka yang dikenal di dunia nyata dan sehari-hari bertemu muka. Ada juga nama-nama baru, sebagian sama sekali tidak dikenal dan sebagian lagi sudah sering dilihat wajahnya di media massa. Aku juga beruntung karena akhirnya 'berteman' dengan Audy, warga sekampung yang hanya bisa ditemui setahun sekali (di dunia nyata kami tentu saja berteman akrab... he..he..)

Karena masih anggota baru, aku belum tahu banyak manfaaf dari FB, walau dari berbagai bacaan aku tahu kalau FB merupakan salah satu situs jejaring sosial yang sangat kredibel. (Bahkan ketika blogwalking, ada yg berkomentar: FS (maksudnya friendster) itu untuk ABG, dan FB itu untuk yang lebih dewasa. Benar atau tidak, aku tidak tahu karena sejak dulu aku memang tak tertarik dengan FS.

Di FB aku juga sudah menjadi anggota beberapa group, umumnya karena di-invite, dan semoga nanti bisa lebih banyak berkontribusi (halaah....)

Tapi, walau FB kini sudah menjadi fenomena, kelihatannya masih banyak orang Manado yang tak punya blog ya? He..he... Padahal ngeblog juga menyenangkan. Bagi teman-teman yang kebetulan punya blog, bisa berkunjung ke blog pribadiku, di waraneyminahasa, dan satunya lagi di indon3sia. Kalau waraney minahasa lebih bernuansa lokal, maka indon3sia lebih global.

Tapi yang lebih penting, apakah itu FB atau ngeblog, jangan sampai keasyikan bertualang di dunia maya lalu mengganggu aktivitas dan tugas kantor... Oi to sob-sob?

No comments:

.
.
Powered by Blogger.