Kelak, Anda Bisa Bicara dengan Google, Layaknya Star Trek Computer


DEWASA ini Google menjadi mesin pencari yang paling dipercaya. Namun tahukah Anda jika pengelola Google punya mimpi, untuk kelak menjadikan mesin pencari ini seperti komputer yang ada dalam franchise Star Trek?

Star Trek, para kru punya komputer canggih yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, secara verbal. Jadi jika Kapten Kirk bertanya berapa populasi manusia di bumi, misalnya, komputer akan memberikan jawaban yang tepat.

Google, rupanya punya obsesi untuk, kelak, menjadi seperti komputer yang ada di Star Trek. Yakni bisa menjawab dengan tepat apa yang ditanyakan, dan jawaban diungkap melalui kata-kata.


Walau baru dalam tahap sederhana, upaya ini mulai dikembangkan Google melalui browser Chrome, yang dikenal dengan istilah Google Voice Search. Jika kita buka situs google.com pada chrome, di sudut kanan kotak pencarian ada simbol mikrofon.

13700450331726629930
Simbol mikrofon (dok pribadi)

Jika simbol itu diklik, akan muncul kalimat pendek yang mengkonfirmasi apakah kita menyetujui Google menggunakan mikrofon di komputer.

13700451061900360521
Konfirmasi dari Google (dok pribadi)

Jika kita mengklik ‘allow’, akan muncul mikrofon dengan latar belakang berwarna merah. Selanjutnya Google akan mempersilakan kita untuk bicara, dengan munculnya kalimat ’speak now’.

1370045241526146241
Speak now (dok. pribadi)

Jika kita bicara, Google akan mengatakan kalau dia sementara mendengarkan (listening).

1370045322148288508
Google sementara mendengar pertanyaan

Iseng, saya bertanya kepada Google siapa presiden Indonesia (pertanyaan diajukan secara verbal dan bukan ketikan, dalam bahasa Inggris). Ketika bertanya, secara otomatis pertanyaan itu muncul dalam kolom pencarian Google. Beberapa detik kemudian dalam hasil pencarian muncul nama Susilo Bambang Yudhoyono. Disusul terdengarnya suara perempuan seksi, yang mengatakan dalam bahasa Inggris bahwa presiden Indonesia namanya Susilo Bambang Yudhoyono. Yah, setidaknya Google ternyata tahu siapa nama presiden Indonesia, hehehe…

13700454801659060947
Jawaban Google tentang SBY (dok pribadi)

Dengan langkah serupa, saya menanyakan pertanyaan lain, kapan Lady Gaga dilahirkan (pertanyaan juga dalam bahasa Inggris). Hanya beberapa saat muncul jawaban dalam mesin pencari, termasuk jawaban verbal dari cewek yang mengatakan kapan persisnya Lady Gaga lahir.

13700455721708549863
Tanggal kelahiran Lady Gaga (dok pribadi)

Saya lalu melanjutkan, menanyakan pertanyaan ‘how to make money online’. Jawaban yang muncul hanya berupa link. Rupanya si cewek yang jadi jubir Google kebingungan menjawab pertanyaan itu, hehehe…

Saya mencoba bertanya dalam bahasa Indonesia, siapa istri Barack Obama. Rupanya bahasa Indonesia belum dikenal oleh Google Search Voice karena kalimat yang muncul di kolom pencarian ngaco.

Jadi, Google Search Voive yang baru dalam tahap ujicoba ini sudah bisa menjawab pertanyaan sederhana secara verbal, melalui suara seorang perempuan. Namun untuk pertanyaan yang rada kompleks, Google memilih untuk menjawab secara konvensional, yakni melalui link.

Tentu, apa yang sedang dikembangkan Google ini sangat menarik. Jika teknologi ‘Star Trek computer’ ini sudah semakin maju, kelak pengguna yang ingin mendapatkan informasi dari Google akan mendapat jawaban secara langsung, berupa kata-kata, dan bukan jutaan kemungkinan dalam bentuk link seperti yang sekarang berlaku. Kelak, pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan Google, bertanya layaknya kepada teman, dan mendapatkan jawaban melalui kata-kata (dan jawaban disampaiakan melalui suara perempuan. Ehem)

Memang, belum bisa dipastikan kapan teknologi ini akan rampung. Jika Google tak keburu bangkrut, saya menduga teknologi ini akan sempurna setidaknya dalam 15 hingga 20 tahun mendatang.

Karena frachise Star Trek terbaru, yakni Star Trek Into Darkness setting kisahnya terjadi tahun 2255, setidaknya kita tak perlu menunggu selama itu untuk bisa bertanya ke Google dan mendapatkan jawaban secara verbal. Lagipula, di tahun 2255 kayaknya kita semua sudah lama lapuk di dalam tanah ya? Hehehehe…

No comments:

.
.
Powered by Blogger.