Memperkenalkan Bisnis Melalui Website dan Blog



INTERNET menawarkan cara baru dalam berbisnis. Pengusaha tak hanya  menjajakan produk di toko yang terbuat dari batu bata dan semen, namun juga pada toko virtual tak kasat mata di dunia maya. Toko virtual ini bisa berupa website atau blog. Website menjadi semacam kartu nama bagi pengusaha kecil di dunia maya.
 
Website dan atau blog merupakan gambaran kehadiran sebuah perusahaan di dunia maya. Apalagi kini banyak konsumen yang mengandalkan penelusuran Google untuk membantu memutuskan produk apa yang akan dibeli dan milik siapa.


Sekalipun kehadiran website atau blog itu sangat penting, namun sebelum membuatnya, sebaiknya Anda sebagai pengusaha memutuskan apa persisnya yang akan ditampilkan di situs itu. Apakah ingin menjadikan website sebagai toko online dan Anda menjual dari situ? Ataukah Anda hanya ingin memberikan infomasi seputar perusahaan atau layanan?
 
Tentu, yang ideal adalah, website Anda punya beberapa fungsi yang secara langsung bisa memberikan pengaruh positif, tak hanya pada imej atau branding perusahaan namun juga penjualan.
 
Ada beberapa tipe website yang biasa digunakan sejumlah perusahaan guna kepentingan bisnisnya.
 
1. Informasi umum 
Website tipe ini menyediakan informasi tentang siapa, apa yang dilakukan perusahaan, produk apa yang dijajakan, berapa harganya, siapa saja yang menjadi pelanggan, dan bagaimana pelanggan bisa menghubungi. Karena bersifat umum, biasanya website seperti ini sifatnya statis, jarang diupdate. Penambahan konten biasanya dilakukan jika ada produk baru atau perubahan harga.
 
2. E-commerce 
Situs e-commerce memungkinkan perusahaan menjual produk secara langsung kepada pelanggan. Contoh situs yang sukses dengan cara ini adalah Amazon dan  Zappos. Biasanya di website disediakan fasilitas jual beli termasuk alat pembayaran, seperti PayPal.
  
3. Situs konten 
Situs semacam ini berfungsi sebagai agregator berita, mengumpulkan sejumlah berita dan disajikan kepada pembaca. Yang juga termasuk dalam tipe ini adalah situs berita yang diupdate secara berkala. Di Indonesia yang termasuk dalam tipe ini antara lain detikcom dan kompas.com. Pemasukan umumnya datang dari iklan
 
4. Blog 
Blog pada dasarnya juga merupakan situs konten, namun dengan sentuhan yang lebih spesifik yang melibatkan seseorang dalam perusahaan yang secara teratur menyajikan informasi yang relevan terkait produk dan perusahaan kepada pembaca atau pelanggan.
 
Umumnya perusahaan besar dan merek terkenal dunia menggunakan blog untuk menjalin keakraban dan menjaga loyalitas pelanggan. Beberapa layanan terkemuka seperti Google, Facebook dan Twitter secara berkala menginformasikan perkembangan terbaru dari layanan yang mereka kembangkan melalui blog.

5. Situs database 
Situs database biasanya berisi berbagai informasi yang bisa didapatkan pelanggan dengan melakukan pencarian. Biasanya data berasal dari sejumlah website terkait dan pengunjung akan dibawa ke situs yang diinginkan.
 
 6. Forum atau situs komunitas 
Situs ini biasanya melibatkan sejumlah besar kelompok atau orang yang berbagi ide dan komentar dengan pihak lain, dan mendiskusikan topik tertentu. Di Indonesia yang paling terkenal adalah Kaskus. Sejumlah media online seperti Kompas dan Detik juga punya forum dengan jumlah anggota yang tidak sedikit.

Jika dikaitkan dengan bisnis usaha kecil, maka tipe website berisi informasi umum, e-commerce dan blog yang bisa dijadikan pilihan. Jika sudah menentukan seperti apa tipe website, maka langkah selanjutnya adalah membeli domain yang terkait dengan jenis usaha atau nama perusahaan dan memilih web hosting.
 
Blog bisa dijadikan pilihan, karena sifatnya yang dinamis. Pada blog Anda bisa memberikan informasi secara umum dan menjual produk. Anda bisa mengisinya dengan sentuhan yang lebih pribadi.[]

1 comment:

hafiz said...

terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA

.
.
Powered by Blogger.