Bisnis Buku Digital: Tentang Bahasa...


SAYA kerap menerima pertanyaan yang diajukan sejumlah teman melalui japri, yang menanyakan berbagai hal terkait bisnis buku digital. Untuk itu, saya memutuskan untuk menuangkan jawaban yang saya berikan ke teman saya itu dalam bentuk posting di blog ini, supaya pembaca lain yang mungkin punya pertanyaan yang sama bisa menemukan jawabannya.

Pertanyaan pertama, bahasa apa yang sebaiknya digunakan dalam buku jika ingin berbisnis buku digital?

Jika ingin buku yang dibuat dipasarkan secara internasional, sebaiknya buku yang dibuat itu dalam bahasa Inggris. Saat ini, pasar terbesar buku digital berbahasa Inggris adalah Amazon. Anda bisa mendaftar melalui jalur Kindle Direct Publishing.

Selain mendaftar langsung, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti draf2digital.com. Draft2digital akan menyalurkan buku berbahasa Inggris ke Amazon, Barnes & Noble, Apple iTunes, Kobo, Scribd dan sejumlah ritel lain.

Bagaimana jika belum terlalu percaya diri untuk membuat buku berbahasa Inggris? Yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan jasa penerjemah. Namun metode ini memang akan memakan biaya yang tidak sedikit, terutama jika naskah buku yang dibuat itu dalam bentuk novel yang menelan ratusan halaman.

Metode lain adalah menjual buku yang hak ciptanya sudah habis, atau yang populer dengan istilah public domain. Setiap tahun ada ratusan bahkan ribuan judul buku, artikel koran dan majalah yang hak ciptanya sudah habis. Anda bisa meramu dan membuat versi baru dari naskah public domain itu dan menjualnya di Amazon.

Yang dianjurkan adalah, Anda mengubah sedikit naskah public domain itu sehingga naskah itu menjadi unik dan benar-benar menjadi milik Anda, mengingat ada kemungkinan pihak lain yang juga memublikasikan naskah yang sama.

Bahasa Indonesia bisa

Jika belum bisa membuat buku dalam bahasa Inggris, tentu yang bisa dilakukan adalah menulis naskah buku dalam Bahasa Indonesia. Dewasa ini pasar buku berbahasa Indonesia sudah lumayan bagus. Buku berbahasa Indonesia bisa disalurkan ke Google Play.

Buku digital berbahasa Indonesia juga bisa disalurkan ke draft2digital, yang akan meneruskan ke sejumlah ritel yang menerima buku berbahasa Indonesia. Pengalaman saya, buku bahasa Indonesia yang disalurkan ke draft2digital lumayan laku di Scribd.

No comments:

.
.
Powered by Blogger.