Kenapa Anda Harus NGEBLOG?




HARI gini gak punya blog? Mungkin ini pertanyaan menyebalkan yang diajukan seseorang pada Anda. Namun pertanyaan itu tak sepenuhnya keliru. Di era digital saat ini, ketika internet menjadi bagian dari kehidupan, maka tak memiliki blog merupakan ‘blunder’ serius.

Tapi sebelum lanjut, pertanyaan logis dari Anda mungkin adalah: “Blog itu apa? Dan kenapa saya harus ngeblog?”

Sebuah blog pada dasarnya adalah diari online. Jika dulu seseorang menuliskan diari pada buku atau media dari kertas, maka kini, dengan kecanggihan teknologi, seseorang bisa ‘menuliskan’ melalui blog. Singkatnya, blog adalah website pribadi tempat seseorang menulis dan membagi berbagai hal ke jutaan (calon) pembaca yang tertarik dengan topik yang ditulis.

Apa yang bisa ditulis di blog? Apa saja. Tentu saja, yang dituliskan adalah sesuatu yang disukai. Atau sesuatu yang dianggap penting untuk ‘direkam’ dan kemudian dibagikan kepada teman dan keluarga. Sesuatu yang disukai dan bisa ditulis di blog misalnya hobi atau kegemaran Anda (memasak, menanam bunga, nonton film, dengar musik), atau aktivitas (jalan-jalan di Mall, pekerjaan, nongkrong dengan teman se-gang), membagikan pengetahuan (misalnya tutorial tentang sesuatu), membagi ide dan gagasan, dan yang semacam itu.

Jika pada diari dari kertas pihak yang punya akses untuk membaca sangat terbatas, maka pada blog, tulisan yang dibuat bisa dibaca puluhan, ratusan bahkan jutaan orang. Dengan blog Anda berbicara pada dunia!!!

Kelebihan lain dari blog, seseorang tak hanya bisa membaca, namun bisa juga mengomentari topik yang Anda paparkan. Pembaca bisa mengungkap apa pendapatnya, memberi opini yang berbeda, menanyakan detil yang dianggap belum terlalu jelas atau memberi masukan tambahan untuk memperkaya tulisan.

Dengan blog, seseorang mencatat sejarahnya sendiri. Anda membuat semacam “prasasti kehidupan” yang bisa dibaca tak hanya mereka yang hidup sejaman, namun juga anak cucu kelak. Opini, pendapat dan apapun yang Anda tulis akan terekam di dunia maya, dan akan tetap abadi. Selamanya. Bahkan jika karena sesuatu hal Anda menghapus blog, tulisan yang ada di blog itu masih bisa dimunculkan dengan bantuan pihak tertentu.

A. Apakah Blog cocok untuk Anda?

Sebelum memutuskan membuat sebuah blog, sangat penting untuk menentukan apakah blog merupakan media yang tepat untuk Anda. Ada beberapa hal yang merupakan pertanda bahwa blog tepat untuk Anda. Tanda-tanda itu adalah:

A.1 Anda senang beraktivitas di dunia maya

Untuk menjadi blogger yang sukses diperlukan waktu dan juga komitmen. Aktivitas ngeblog tak berhenti setelah Anda menulis dan memublikasi tulisan. Karena setelah mempublish, Anda harus melakukan promosi. Membagi ke jejaring sosial. Anda juga perlu mengunjungi dan membaca blog atau website lain. Anda perlu menyimak isu terkini, perkembangan terbaru dari topik yang disukai. Sebagian besar waktu yang dibutuhkan untuk ngeblog adalah online.

Untuk menjadi blogger yang sukses seseorang harus suka membaca, melakukan penelitian dan menghabiskan waktu menggunakan komputer atau gadget tertentu guna berselancar di dunia maya. Jadi jika Anda tergolong pihak yang betah berlama-lama online, senang menjelajahi situs demi situs, maka blog mungkin tepat untuk Anda.

Jika Anda tergolong malas beraktivitas online, menganggap internet sebagai hal yang tak berguna, maka blog mungkin tidak tepat untuk Anda.

A.2 Anda suka menulis

Aktivitas ngeblog memang tak hanya berupa tulisan. Namun pada dasarnya ngeblog adalah menulis. Jadi jika Anda tergolong pihak yang tak suka menulis, maka blog (mungkin) tidak cocok untuk Anda.

Untuk menjadi blogger yang sukses seseorang harus rajin mengupdate blog, menanggapi komentar serta berkomentar di blog lain. Ha-hal itu hanya bisa dilakukan jika seseorang suka menulis.

A.3 Anda menyukai topik blog yang dipilih

Aktivitas ngeblog memerlukan tulisan yang diupdate secara berkala, guna menarik pembaca baru, dan menjaga agar mereka tetap berkunjung. Jika tidak menyukai topik yang dipilih, Anda akan menemui kesulitan untuk tetap menghadirkan konten yang segar setiap hari, atau bahkan membalas komentar yang masuk.  Pembaca juga akan merasakan kalau Anda sesungguhnya tidak tertarik dengan topik yang dibahas. Jadi sangat penting untuk memilih topik yang disukai.

Untuk tahap awal, Anda bisa menulis topik gado-gado. Bisa hiburan, politik, olahraga, keluarga, pekerjaan, atau apa saja. Setelah beberapa waktu, simak topik apa yang membuat Anda bergairah. Tema apa yang membuat Anda bersemangat untuk menulis. Selanjutnya Anda bisa fokus pada tema yang disukai itu.

A.4 Anda berkomitmen untuk ngeblog

Aktivitas ngeblog memerlukan komitmen. Bukan hanya pada waktu namun juga disiplin serta motivasi. Anda harus bisa memotivasi diri untuk menyediakan waktu khusus untuk menulis. Anda harus menyesuaikan jadwal harian dengan aktivitas ngeblog.

(Tulisan ini merupakan bagian dari naskah buku berjudul (sementara, jika tidak diubah editor) "Blogging: Level One" yang direncanakan bakal diterbitkan Elex Media Komputindo)

3 comments:

Bang Ali said...

Kenapa harus ngeblog? Karena suka dan menyenangkan bisa berbagi kepada sesama. Itu alasan saya mengawali blogging sejak 2010 silam. Waktu itu msh via http://cepithea.blogspot.com kang karena msh awam. Namun, saat ini memiliki 30 blog dikelola sendirian. Diantaranya ada www.kiatkiat.com yg jadi favorit ketika menuliskan tips dan trik. Terimakasih atas sharingnya. Semoga sukses selalu

bob by said...

Mantap nih sharingnya...

Mas Yis Com said...

mantep dah penjelasanya ,,, gan liat punya saya juga ya gan ,,,,, di masyis com /blog ngapak. saya mau merangkum alasan dari page per page mengapa harus mulai ngeblog

.
.
Powered by Blogger.