Kereta Api di Sulawesi, Modernisasi atau...



SELAMA puluhan tahun, warga yang berdomisili di Pulau Sulawesi hanya mengenal kereta api melalui tayangan televisi atau film. Namun pada tahun 2013, hal itu akan berubah. Rel kereta api (KA) akan dibangun di Sulawesi.

Sebagaimana diungkap kabarpro, pemerintah Sulawesi Utara berencana membangun rel kereta api yang menghubungkan jalur trans Sulawesi. Menurut Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Investasi Jackson Kumaat,  pembangunan rel KA trans-Sulawesi dapat meningkatkan perekonomian daerah hingga 30 persen. Tranportasi publik ini juga merupakan solusi mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan raya. Pembangunan rel kereta api trans-Sulawesi akan mempercepat pembangunan daerah tertinggal di 6 provinsi se-Sulawesi.

Tentu, jika terealisasi, keberadaan jalur kereta api juga akan mengubah cara hidup dan perilaku masyarakat. Jika selama ini warga Sulawesi menggunakan bus, atau angkot, atau taksi gelap bahkan ojek, maka akan muncul alternatif baru: kereta api.

Namun tidak jelas juga apakah pembangunan kereta api ini merupakan bagian dari modernisasi. Apa yang terjadi di negara maju (juga yang terlihat di pulau Jawa), keberadaan kereta api mampu mendekatkan warga yang domisilinya berjauhan.

Namun pertanyaan pentingnya adalah, bisakah masyarakat Sulawesi menerima keberadaan kereta api yang selama ini asing?

No comments:

.
.
Powered by Blogger.