6 Hal Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kebahagiaan



SEMUA orang ingin bahagia. Semua orang ingin merasakan kebahagiaan. Namun banyak yang tidak tahu caranya. Padahal, ada beberapa hal kecil yang jika dilakukan, bisa meningkatkan kebahagiaan.
Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan yang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia?

1. Senyum
Senyum yang sederhana yang Anda butuhkan untuk mengubah suasana hati. Namun Anda harus melakukannya dengan tulus dan sungguh-sungguh, dan bukan pura-pura.
Sebuah penelitian di Michigan State University menemukan bahwa pekerja layanan pelanggan yang tersenyum sepanjang hari ketika berpikir pikiran positif, suasana hati mereka  jauh lebih baik dibanding  mereka yang tersenyum palsu. 
Jadi, ingatlah momen-momen yang menyenangkan dan membahagialan. Dan tersenyumlah. Dan itu akan membuat Anda lebih bahagia.

2. Berikan hadiah untuk orang lainBerikan hadiah untuk orang lain: orang tua, adik, kakak atau teman dekaat. Meneurut penelitian di Science, memebelikan ssuatu (yang tak perlu mahal tapi yang murah meriah) untuk orang lain akan membuat seseorang merasa lebih bahagia, jauh lebih bahagian dibanding seseorang yang membeli sesuatu untuk diri sendiri.
Jadi, jika kapan-kapan Anda ingin merasa bahagia, cobalah membelikan sesuatu kepada mereka yang Anda kasihi.

3. Dapatkan sinar matahari
Rata-rata mereka yang bermukim di kota tak lagi menerima paparan sinar matahari. Padahal, seseorang yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari akan menurunkan suasana hati dan memori, sebagaimana hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Geriatric Psychiatry. 
Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa paparan sinar matahari yang cukup akan mengurangi depresi. Dan kadar vitamin D yang lebih tinggi (yang diproduksi tubuh bila terkena sinar ultraviolet dari matahari akan meningkatkan suasana hati. 
Jadi, seraplah sinar matahari, terutama di pagi hari. Dan Anda akan merasa lebih bahagia.

4. Ubah cara berjalanSediakan waktu untuk berjalan-jalan, baik di pagi maupun di sore hari. Dan ubahlan cara berjalan. Tegakkan bahu dan berjalanlah layaknya seseorang yang berbahagia. Mengubah cara berjalan akan memengaruhi perasaan. Penelitian yang dipublikasi di Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry menemukan bahwa seseorang yang berjalan dengan perasaan senang akan memengaruhi suasana hati, jauh jika dibandingkan dengan seseorang yang berjalan dengan bahu merosot 

5. Dengarkan suara alamJIka merasa tertekan, cobalah mendengarkan suara alam. Dengarkan kicau burung, bunyi air mengalir atau gemercik air terjun. Jika tak bisa mendengarkan secara langsung, dengarkan rekamannya. Penelitian di Pennsylvania State University memperlihatkan bahwa mereka yang mendengarkan suara alam selama tiga menit membuat suasana hati lebih baik. Sementara kesunyian, atau suara alam bercampur suara kendaraan bermotor sama sekali tidak berdampak apa-apa.

6. Cobalah merasa bahagiaMereka yang mencoba merasa bahagia, pad akhirnya akan merasa bahagia. Demikian hasil penelitian yang dipublikasi di Journal of Positive Psychology. Setelah mendengarkan musik yang menghentak, para partisipan yang secara aktif mencoba merasa bahagia pada akhirnya benar-benar bahagia, dibandingkan dengan mereka yang hanya mendengarkan musik.
Peneliti juga menemukan hal yang sama pada peneleitian selanjutnya. Mereka yang mendengarkan musik yang positif dan berkonsentrasi untuk menjadi bahagia, selama dua pekan berikutnya mereka benar-benar merasa bahagia dibanding dengan mereka yang hanya mendengarkan musik.

No comments:

.
.
Powered by Blogger.